Solusi dari penyimpangan Aqidah
14.32 | Author: Abu Nabilah Al Makassary
Setelah mengetahui bahaya dan penyebab tergelincirnya seseorang dari aqidah yang benar, maka pembahasan kali ini menyinggung tentang hal-hal yang merupakan solusi dari penyimpangan-penyimpangan tersebut.
  1. Menjadikan Al Qur'an dan As Sunnah sebagai sumber pengambilan Aqidah yang benar
    Sebagaimana kaum salafus sholih, mereka menjadikan Al Qur'an dan As Sunnah sebagai rujukan dalam aqidah, dan tidak akan baik ummat yang datang belakangan kecuali apa yang menjadikan baik penduhulunya, sekaligus menelaah aqidah dari kelompok-kelompok yang menyimpang. Sehingga diketahui syubhat-syubhatnya (kerancuan/penyimpangan) agar dapat dibantah serta memperingatkan ummat darinya. karena siapa saja yang tidak mengenal keburukan, maka dikhawatirkan terjerumus ke dalamnya, tanpa disadari
  2. Memberi perhatian pada pengajaran aqidah yang benar, aqidah as-Salaf ash-Shalih di berbagai jenjang pendidikan dan memberi jam pelajaran yang cukup pada materi tersebut.
  3. Menentukan dan menetapkan kitab-kitab Ahlus Sunnah yang bersih dan murni sebagai materi pelajaran dan menjauhi kitab-kitab aliran/ kelompok sesat.
  4. Menyebar atau mengutus para da'i Ahlus Sunnah untuk menjelaskan akidah yang benar kepada umat Islam serta mampu menjawab tantangan dan persoalan-persoalan mereka dan menolak akidah yang menyimpang lagi menyesatkan


(sumber : Aqidatut Tauhid karya Asy Syeikh DR. Sholih bin Fauzan bin Abdullah al Fauzan hafizahullah)
|
This entry was posted on 14.32 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.