Hadits ke 3
11.04 | Author: Abu Nabilah Al Makassary
همة الرجال تزيل الجبال
"Cita-cita lelaki dapat menghilangkan gunung-gunung"
Berkata Asy Syeikh Muhammad Nashiruddin Al Albani Rahimahullah (1/59): Bukan hadits.
Berkata syeikh ismail al ajaluni dalam kasyful khafaa :" saya tidak yakin itu adalah hadits, akan tetapi sebagian menukil dari syeikh Ahmad Al gazali, bahwa nabi Sallalahu alaihi wasallam bersabda : "Cita-cita lelaki dapat mencabut gunung-gunung". Saya katakan (syeikh Al Bani) :"kami telah merujuk ke kitab-kitab sunnah (hadits) dan kami tidak menjumpai asal-usulnya" . Adapun maksud syeikh Ahmad al gazali adalah tidak menetapkannya, padahal dia bukanlah ahli hadits, sebagaimana halnya saudaranya (al gazali), dia cuman seorang fuqaha sufi. Betapa banyak hadits dalam kitab saudaranya (ihyaa ulumuddin) yang dinisbatkan kepada nabi sallalahu alaihi wasallam namun keadaannya, seperti yang disebutkan oleh Al Hafidz al Iraqii dan selainnya :"bahwa didalam kitab tersebut ada hadits-hadits yang tidak ada asal usulnya"

(diringkas dari "silsilah al ahadits ad dhoifaah" karya Asy Syeikh Muhammad Nashiruddin Al Albani Rahimahullah, hadits yang ke 3)
This entry was posted on 11.04 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.